Wanita Inspiratif: Gayatri Rajapatni episode 1 by Anastasia Pradinia

Artikel Kediri Bertutur

Prajnaparamita_Java_Side_Detail

Dear diary,

Pada siang hari ini aku membaca buku tentang Gayatri Rajapatni karya tulisan Earl Drake, yaitu tokoh wanita yang membangun Kerajaan Majapahit. Awalnya aku tidak tertarik untuk membaca buku mengenai sejarah, tetapi sepanjang ini aku menemukan cerita ini unik. Caranya penulis menjelaskan ceritanya membuat pembaca mengerti karena pilihan kata yang mudah tetapi tetap bervariasi. Memang aku lebih menyukai cerita berbahasa Inggris dan yang lebih modern atau science fiction, tetapi saat aku membaca buku ini ternyata ada aspek fantasinya. Memang berbeda dengan hal yang akan kau baca dalam buku Harry Potter, tetapi menarik karena berbeda dengan materi yang kita baca pada jaman sekarang.

Setelah membaca buku itu aku mendapat keterangan bahwa Gayatri adalah tokoh yang kuat, karena sifat independennya dan ia juga tidak mudah menyerah. Sifat-sifat yang menjadi hal yang penting untuk dimiliki untuk menjadi orang yang hebat. Gayatri memiliki tiga kakak perempuan, yang pertama dan tertua bernama Tribhuwana, yang kedua Mahadewi, dan yang ketiga Jayendradewi. Gayatri sangat mengagumi kakaknya yang pertama karena sifatnya yang suka berlucu dan melawak. Gayatri tidak memiliki sifat itu, maka dia paling senang menghabiskan waktunya dengan kakaknya yang tertua yaitu Tribhuwana. Tribhuwana sudah menjadi seorang istri yang berpasangan dengan Pangeran Wijaya, yaitu sepupunya yang ketiga. Mahadewi, kakaknya yang kedua baru saja bertunangan dengan Ardaraja, yaitu sepupu jauhnya yang diangkat sebegai Komandan kawal untuk istana. Jayendradewi masih menunggu untuk dijodohkan oleh orangtuanya karena ia tidak sabar untuk bertemu dengan pasangannya.

Gayatri mengagumi ayahnya juga, karena dia menikmati waktu yang ia habiskan dengan ayahnya yang digunakan untuk berbincang mengenai topik-topik yang serius. Gayatri tidak terlalu peduli untuk menikah cepat-cepat seperti ketiga kakaknya yang lebih tua daripadanya. Namun kalau waktunya datang untuk Gayatri menikah, dia menginginkan laki-laki yang baik, berani, dan akan selalu menyayanginya dalam situasi apa pun. Gayatri pernah menyatakan bahwa satu-satunya laki-laki yang ingin untuk mengesankan adalah ayahnya sendiri. Gayatri itu memiliki sifat yang berbeda antara kakak-kakaknya, karena dia lebih mandiri dan berani. Dia sangat peduli pada konflik-konflik yang dihadapi kerajaan, maka dari itu iya akur dengan ayahnya. Gayatri juga cerdik, karena dia senang belajar hal-hal yang baru.

Selain mandiri dan pandai, Gayatri juga menyukai teater kuno karena ia menemukan kisah-kisah tersebut menarik. Dalam kisah-kisah yang diceritakan biasanya bisa ditemukan pesan moral yang berharga, karena dapat diaplikasikan ke dalam hidup sehari-hari. Ketiga kakaknya lebih menyukai kisah Mahabharata dan Ramayana, sedangkan Gayatri lebih tertarik dengan kisah-kisah yang lokal karena kejadian-kejadian yang terjadi dalam ceritanya memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terjadi dibandingkan hal-hal yang terjadi dalam ceritanya Mahabharata dan Ramayana. Jika kerajaan Jawa menghadapi masalah, bacaan kisah-kisah seperti Panji akan lebih bermanfaat untuk memecahkan konflik-konflik tersebut.

Dalam bab pertama buku ini diceritakan bahwa kerajaan Jawa diancam oleh Kaisar Mongol di Cina, yang bernama Kublai Khan. Disebutkan bahwa kerajaan Jawa itu dihina oleh Kaisar, maka dari itu sang Raja, ayahnya Gayatri, marah karena ungkapan Khan. Pada awalnya Raja ingin menakuti Cina dengan membunuh salah satu prajuritnya lalu dikirim balik ke Cina, tetapi salah satu pihak dalam diskusi, yaitu gurunya Gayatri tidak setuju dengan keputusan tersebut, karena Cina itu negara yang makmur dan kuat maka akan sulit untuk berperang dengan mereka. Gurunya Gayatri percaya jika kerajaan Jawa membalas ancaman Cina maka akan ada perang dan kemungkinan besar Jawa tidak akan bertahan dan kalah. Akhirnya Raja memutuskan untuk tidak melaksanakan rencana tersebut dan memilih untuk berdamai.

Prajurit-prajurit dari Mongol datang ke istana untuk menyerang kerajaan dan kedua orangtua Gayatri meninggal, Tribhuwana memutuskan untuk ikut dengan Pangeran Wijaya, dan kedua kakaknya diambil sebagai sandera. Gayatri sedih karena ia sangat menyayangi keluarganya dan kematian orangtuanya ada di tangan Kaisar Khan. Setelah kejadian tersebut dia tidak diam dan bersedu, tetapi itu hanya memberinya alasan untuk melawan balik. Dengan alasan motivasi yang tepat, Gayatri dapat memenangkan perang karena dia memiliki alasan yang kuat untuk melawan Mongol.

Dari bab ini aku belajar bahwa Gayatri itu tokoh yang memberikan banyak hal untuk disukai karena sifatnya yang heroik. Belum terlihat dari cerita ini karena usianya yang masih muda, tetapi sudah terlihat potensinya. Dari kejadian di mana orangtuanya meninggal dia menangani situasinya dengan baik. Pada awalnya dia pastinya sedih dan membutuhkan waktu untuk memproses semuanya sendiri, tetapi setelah itu ia kembali ke realitas dan menghadapi semuanya daripada lari dari konflik. Gayatri bertindak untuk menghadapi masalah-masalahnya dan hal seperti itu sesuatu yang harus dikagumi karena pilihan itu tidak mudah dan tindakan seperti itu langka pada jaman sekarang. Gayatri memilik banyak sifat yang membuatnya seorang ratu, karena dia pandai menangani seluruh kerajaan. Sejak kecil pun dia sudah menunjukkan bahwa dia sanggup memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh kerajaan. Dari ayahnya, sang raja, ia belajar berbagai hal yang harus ia bisa lakukan untuk mengatur suatu kerajaan. Gayatri mengagumi ayahnya sehingga dia mewarisi sifat-sifat kepribadiannya yang bijak.

Baca Episode berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s