Wanita Inspiratif: Gayatri Rajapatni episode 2 by Anastasia Pradinia

Artikel Kediri Bertutur

15974805

Dear diary,
Gayatri adalah salah satu tokoh wanita yang dikagumi oleh masyarakat, karena ia mempunyai sikap ketegasan dan mandiri yang seharusnya dimiliki seorang putri. Gayatri adalah wanita yang mendirikan kerajaan Majapahit. Majapahit tidak akan semakmur pada saat itu jika Gayatri tidak mempertahankan kekuasaannya.
Dalam bab kedua buku Gayatri Rajapatni, kerajaan mulai kembali berdiri dan melawan Mongol. Sejak serangan pasukan Mongol, Gayatri harus tidak diketahui keberadaannya agar dia aman. Gayatri dan pelayannya melarikan diri ke Kediri untuk bersembunyi dari para pasukan Mongol. Dia menyamar sebagai “Ratna Sutawan” yaitu seorang putri pegawai rendah. Pangeran Wijaya memutuskan untuk menyerahkan diri kepada Kediri, tetapi Raja Jayakatwang tidak tahu bahwa sebenarnya ia berencana untuk memenangkan hatinya sang Raja lalu mengkhianatinya. Pangeran Wijaya diam-diam membangun pasukan terdiri dari pengikut-pengikut setia kerajaan Singhasari. Wijaya berencana untuk menyerang Kediri dengan bergabung dengan pasukan Mongol. Sang pangeran menjanjikan bahwa ia akan membagikan sebagian harta yang ia dapatkan dari Kediri kepada Mongol, padahal sebenarnya ia akan bertarung dengan Mongol setelah ia selesai dengan kerajaan Kediri.
Dalam pertemuan rahasia Pangeran Wijaya dan Gayatri, kedua tokoh tersebut mulai mengembangkan perasaan untuk sesama. Gayatri tertarik dengan Pangeran Wijaya dan kebetulan keduanya saling menyukai. Hubungan Gayatri dan Wijaya itu romantis, sedangkan kalau Tribhuwana dan Wijaya pernikahannya terjadi untuk membuat keharmonian dan damai antara dua kerajaan.
Dalam bab ini sisi sensitifnya Gayatri itu lebih terlihat, karena tampaknya dia mulai mengembangkan perasaan untuk Pangeran Wijaya. Gayatri membuktikan bahwa seseorang bisa terlihat tabah tetapi bisa juga memiliki sisi yang lebih rentan. Karena Gayatri itu seorang putri dan menjadi sosok yang terkenal dalam masyarakat ia harus bersikap teguh untuk membuktikan bahwa dia itu sanggup menghadapi apa pun untuk merebut kerajaannya kembali. Namun, dalam keadaan tersebut dia harus menghindari publik agar dia tidak terdeteksi oleh Kublai Khan dan pasukannya untuk sementara.
Setelah orangtuanya Gayatri meninggal itu memberinya lebih banyak alasan untuk bersemangat dan merebut kerajaannya kembali. Mungkin dia merasa murung karena kedua orangtuanya yang dia sayangi sudah tiada, tetapi dia menunjukkan wajah yang berani dan tegar. Serangan dari Mongol itu nasib buruk untuk Gayatri, karena hanya dari satu kejadian itu dia sudah kehilangan orang-orang yang ia pedulikan dan sekarang dia harus pergi ke Kediri untuk menghindari pasukan Mongol. Pada saat itu Kediri dan kerajaan Singhasari itu memiliki konflik, tetapi Gayatri berani untuk memasuki wilayahnya raja Jayakatwang. Padahal Raja Jayakatwang adalah pembunuh ayahnya Gayatri, tetapi ia memberanikan diri untuk berkeliling di sana agar tidak diketahui keberadaannya oleh pasukan Mongol.

Setelah kejadian di mana orangtuanya Gayatri meninggal itu menjadi motivasinya untuk membangun kembali kerajaan yang sudah hancur berkeping-keping menjadi satu lagi. Kerajaan Singhasari sudah dalam kondisi yang sangat parah sejak serangan Mongol sampai raja Kertanegara harus bertarung dengan beberapa pasukannya, tetapi usahanya gagal karena akhirnya ia meninggal. Dengan bantuan Pangeran Wijaya dan saudari-saudarinya yang lebih tua dia pelan-pelan merebut kembali kerajaannya. Pada saat itu Singhasari membutuhkan seorang pemimpin, seorang raja untuk menjalankan kerajaan. Gayatri memilih Wijaya untuk memimpin kerajaan Majapahit karena dia percaya bahwa Wijaya dapat memenuhi kriteria yang dibutuhkan seorang raja. Wijaya memiliki hubungan dengan keluarganya Kertanegara, dia gagah dan kuat, dan dia memiliki niat untuk membangkitkan kerajaan kembali. Secara bijak, Gayatri memilih Wijaya untuk menguasai kerajaan sebagai raja Majapahit agar kerajaannya bisa kembali kepada kondisinya yang ideal.

Dalam lanjutan kisahnya Gayatri, dia harus menyamar sebagai anaknya seorang pegawai yang rendah dan dia harus berpenampilan sederhana. Di dalam buku tersebut memang dinyatakan bahwa Gayatri itu lebih nyaman jika menggunakan baju yang lebih simpel. Dari antara kakak-kakaknya ia yang berpenampilan lebih sportif, sedangkan saudari-saudarinya memberikan lebih banyak waktu dan usaha dalam berdandan.
Gayatri berbeda dengan saudari-saudarinya yang lebih tua, karena dia memiliki gaya yang tomboi tetapi tetap berpenampilan seperti wanita. Bahkan ayahnya sendiri mengatakan bahwa dia gayanya seperti lelaki. Daripada merasa tidak yakin terhadap penampilannya, Gayatri memilih untuk membanggakan gayanya karena itu menjadi ciri khasnya yang membuatnya berbeda dari saudari-saudarinya.

Selain penampilannya yang berbeda, Gayatri juga memiliki kesukaan teater yang berbeda dengan kakak-kakaknya. Ketiga kakaknya yang lebih tua lebih menyenangi cerita Mahabharata dan Ramayana, sedangkan Gayatri lebih menyukai kisah-kisah Panji. Alasan itu karena menurut dia kisah Panji itu lebih bermanfaat, karena kisah Panji itu cerita lokal. Dengan membaca kisah-kisah tersebut Gayatri merasa bahwa ceritanya akan bermanfaat saat dia menguasai kerajaan yang telah dibangun oleh ayahnya, Raja Kertanegara. Konflik yang terjadi dalam cerita Panji itu menyesuaikan situasi yang terjadi di dalam negara, maka dari itu memiliki lebih besar kemungkinan bahwa akan suatu saat terjadi. Caranya tokoh-tokoh dalam kerajaan menangani situasi saat terjadi permasalahan itu menjadi bahannya Gayatri untuk mempelajari kebijakan dalam menguasai suatu kerajaan. Dia mempelajari bahwa untuk menjadi seorang pemimpin Gayatri harus bersikap tabah.

Baca Episode berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s