Wanita Inspiratif: Gayatri Rajapatni episode 4 by Anastasia Pradinia

Artikel Kediri Bertutur

10255432_1393497827626370_5124720479423638272_n

Dear diary,
Pada sabtu malam ini aku membuka buku biografi Gayatri Rajapatni untuk meneruskan petualangan kehidupan sang Ratu Majapahit. Dalam bab yang aku baca pada minggu ini, banyak hal yang menunjukkan bahwa Gayatri itu wanita yang hebat. Banyak hal yang terjadi dalam bab ini, namun itu menjadi suatu bukti bahwa Gayatri adalah wanita yang kuat dan mampu melewati apa pun tanpa menyerah pada kepercayaannya.
Dalam bab ini Wijaya sudah resmi menjadi Rajanya Majaphit dan memiliki Gayatri sebagai pendampingnya dalam mengelola kerajaan yang telah mereka bangun. Wijaya memutuskan untuk memberi penghargaan atau semacam balasan untuk kebaikan yang telah disediakan oleh para penduduk yang sudah setia kepada Kerajaan Majapahit dan membantunya dalam keadaan yang sulit. Raja Wijaya memberikan para petani tanah untuk penduduk desa Kudadu, agar mereka bebas dari sewa tanah dan mereka dapat menyimpan tanah tersebut secara turun-temurun.

Arya Wiraraja diangkat menjadi Menteri oleh Wijaya, karena dia menjadi penasihatnya saat perang. Wijaya menyatakan bahwa walaupun dia membangun sistem pemerintahan yang baru ia memiliki tujuan dan niat yang sama seperti Raja Kertanegara yang telah membangun Kerajaan Singhasari.

Setelah Wijaya telah mengangkat anggota-anggota baru untuk berpartisipasi dalam pemerintahan, Rangga Lawe dendam karena ia tidak dapat posisi yang ia inginkan, yaitu menjadi Menteri Kepala Pemerintahan. Rangga Lawe memimpin suatu pemberontakan yang menyebabkan kerusuhan dalam kerajaan dan itu menjadi bukti bahwa Rangga Lawe bukanlah orang yang tepat untuk menjadi Menteri. Posisi sebagai Menteri Kepala Pemerintahan itu diberikan kepada Mpu Nambi oleh Wijaya, padahal dia adalah saingannya Rangga Lawe. Akhirnya Rangga Lawe mengancam Mpu Nambi dan merelakan diri untuk bertarung untuk mendapat posisi yang ia inginkan dalam pemerintahan. Namun, Nambi tidak mau bertarung dengan Rangga Lawe, maka dari itu ia mengabaikannya. Ayahnya Rangga Lawe menasihatinya untuk tetap bekerja sama Wijaya, tetapi Rangga Lawe berkeras kepala dan memilih untuk memberontak kerajaan dengan menggunakan senjata. Wijaya kecewa dengan kelakuannya Rangga Lawe, padahal sebelumnya ia menghormati keberaniannya, tetapi Raja Wiijaya tidak memiliki pilihan maka dari itu ia harus membunuh Rangga Lawe dan pengikutnya yang bergabung dalam pemberontakkan tersebut.

Ayahnya Rangga Lawe meminta Wijaya untuk menetapkan janjinya yaitu untuk memberi sebagian tanah Jawa untuknya. Wijaya selalu menetapkan janjinya, jadi dia akan memberikan sebagian tanahnya kepada ayahnya Rangga Lawe. Gayatri menjadi penasihat Wijaya dalam kondisi ini, karena dia yang memiliki pemikiran yang strategis.
Sejak kemenangan Majapahit melawan pihak-pihak lain orang-orang yang mengikuti Wijaya itu menjadi serakah dengan kekuatan. Banyak yang menginginkan perhatian Wijaya hanya untuk menjadi posisi yang tinggi dalam kerajaan. Namun dalam keadaan sesulit itu, Wijaya menemukan dirinya lagi saat dia bersama dengan Gayatri. Pernikahannya dengan Gayatri adalah satu-satunya hal yang membuatnya bahagia. Dalam saat-saat yang sulit Wijaya selalu kembali ke Gayatri dan meminta nasihat supaya kerajaan tetap dalam kondisi yang ideal.

Gayatri dan Wijaya memikirkan caranya untuk menyatukan masyarakat bersama untuk menjadi bangsa yang satu. Mereka mulai berpikir mengapa para penduduk yang tinggal di pelabuhan ingin membela saingannya, maka dari itu mereka memulai suatu investigasi agar mendapat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mereka. Wijaya mengirim beberapa orang untuk pergi ke pelabuhan-pelabuhan dan mencari tahu informasi. Gayatri memutuskan bahwa sebagai kerajaan yang sukses mereka harus menyatukan seluruh masyarakat dan tidak hanya beberapa, namun mereka memprioritaskan orang-orang asing yang datang ke dalam Kerajaan Majapahit. Wijaya menyarankan bahwa mereka harus mengutamakan pedagang dan tenaga ahli, sedangkan Gayatri setuju tetapi dia juga ingin kerajaan Majapahit terlihat seperti mereka memiliki komunitas yang suci dan kepercayaan yang kuat, maka dari itu mereka juga memprioritaskan orang-orang pemuka agama.

Dari situ kita bisa melihat bahwa Gayatri adalah wanita yang sangat mempercayai agama, karena dia itu selalu terlibat dalam dunia spiritual. Dia menginginkan Kerajaan Majapahit untuk tetap menjalani kepercayaan mereka, karena untuk menjadi komunitas yang sukses harus ada keyakinan. Agama memperlihatkan bahwa Kerajaan Majapahit itu membela kebaikan dan sangat terlibat dalam kepercayaan masing-masing untuk memberi kesan bahwa mereka kuat secara spiritual. Kerajaan yang memiliki ikatan yang kuat dengan dunia spiritual itu menunjukkan bahwa komunitas itu tradisional dan mengikuta nilai-nilai moral mereka sendiri. Kalau mereka mengikuti tradisi lama, berarti mereka menghormati nenek moyang mereka yang telah menciptakan budaya tersebut.
Dalam bab ini Gayatri melahirkan dua putri yang cantik yang bernama Tribhuwana dan Wiyah Rajadewi. Tribhuwana dinamakan kakaknya Gayatri yang paling pertama, dan putrinya itu adalah anak sulungnya. Pada awalnya Gayatri khawatir jika Wijaya akan marah karena dia hanya memiliki dua putri dan tidak punya anak lelaki, karena tidak ada penerus keluarga. Namun, Wijaya memiliki perspektif yang berbeda dan dia tidak merasa bahwa dia harus memilki anak lelaki dengan Gayatri, karena kedua putrinya sudah cukup untuknya. Ikatan yang dimiliki Wijaya dengan kedua putrinya itu sudah memenuhi keinginannya, karena mereka memiliki hubungan yang kuat. Secara fisik kedua putrinya Gayatri memiliki penampilan dari ayahnya sedangkan kecerdasan dapat dari Gayatri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s