Wanita Inspiratif: Gayatri Rajapatni episode 7 by Anastasia Pradinia

Artikel Kediri Bertutur

dff43dfb4a00e824ca95d29602191f83

Dear diary,
Pada siang ini aku melanjutkan buku Gayatri Rajapatni dan sepanjang ini kehidupannya itu dipenuhi dengan berbagai hal yang terjadi secara mendadak. Kejadian-kejadian dalam kehidupan Gayatri itu sangat besar dan berdampak pada kerajaan karena dia memang sosok yang terkenal dalam kerajaan Majapahit. Dalam beberapa bab yang baru saja aku baca, hal-hal yang terjadi itu sangat mempengaruhi Gayatri. Hal-hal yang dia alami itu sangat luar biasa dan membutuhkan keberanian dan kebijaksanaan untuk memainkan perannya dalam kerajaan.
Dalam bab ini, Gayatri harus memutuskan siapa yang akan menjadi raja untuk kerajaan Majapahit. Sejak kematiannya Jayanegara, tidak ada yang menjadi pemimpin kerajaan dan dia telah merusak reputasi kerajaan pula. Harus ada yang menjadi penggantinya Jayanegara dan dia harus bisa mengembalikan kerajaan Majapahit menjadi kondisinya yang semula.

Menurut masyarakat Gayatri itu masih punya dendam dengan Kediri, maka dari itu mereka ragu-ragu untuk membuatnya menjadi raja atau pemimpin utama negara. Setelah semua yang terjadi dalam kehidupannya, Gayatri tidak mau menjadi pemimpin untuk kerajaan Majapahit. Dia memutuskan untuk memberi gelaran itu kepada putrinya yang pertama, yaitu Tribhuwana. Sekarang Tribhuwana boleh memilih siapa saja untuk menjadi pasangannya maka dari itu siapa pun yang menjadi suaminya akan menjadi rajanya Majapahit. Gayatri mempercayai putrinya untuk memilih pasangan yang benar. Gayatri sudah membesarkan anak-anaknya dengan baik, maka dari itu Tribhuwana sudah pasti akan memilih suami yang bisa memenuhi keinginannya dan juga bisa memainkan peran sebagai rajanya Majapahit.

Gayatri mungkin tidak akan menjadi pemimpin utama untuk kerajaan Majapahit, tetapi dia akan menasehati Tribhuwana dalam segala hal yang akan dia lakukan. Gayatri akan membimbing Tribhuwana untuk menjadi pemimpin yang ideal, berarti putrinya harus bisa memiliki sifat-sifat seperti kekuatan, kebijaksanaan, dan pemikiran yang strategis. Gayatri memutuskan untuk menjadi bhikuni yang berarti bahwa dia akan mendalami bagian spiritualnya. Gayatri tidak ingin terlibat dalam kerajaan lagi karena dia merasa bahwa perannya sebagai raja atau ratu itu bisa dimainkan oleh Tribhuwana. Secara resmi Gayatri itu dilepaskan sebagai ratu, namun dia tetap menjadi sosok yang penting dalam kerajaan Majapahit.

Dari segala hal yang telah terjadi akhirnya ada berita yang menyenangkan untuk kerajaan Majapahit karena Tribhuwana melahirkan bayi lelaki yang dia namakan Tetep, yang berarti anak ayam dalam lindungan induknya. Setelah dibesarkan akhirnya Tribhuwana memutuskan untuk memanggil anaknya Hayam Wuruk yang membuat rakyat mengingat namanya karena sering disebutkan dalam cerita rakyat. Sejak saat itu masyarakat sudah mengetahui bahwa kerajaan Majapahit akan memiliki masa depan yang cerah, karena Hayam Wuruk adalah lelaki dan bisa menjadi raja Majapahit. Hayam Wuruk juga keturunan aslinya Tribhuwana dan bisa didampingi oleh kedua wanita yang kuat dalam keluarganya, yaitu ibunya dan neneknya, Gayatri.

Selain itu, Gajah Mada diangkat menjadi Mahapatih karena dia disukai oleh masyarakat kerajaan Majapahit. Gajah Mada memang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang bijak, maka dari itu Gayatri sudah melatihnya dan mengajarkannya segala hal yang dia tahu mengenai masalah politis yang terjadi dalam kerajaan. Gajah Mada adalah karakter yang sangat ambisius dan saat ada rapat besar bersama tokoh-tokoh yang penting dalam kerajaan, dia menyatakan keinginannya untuk meluaskan daerah kerajaan Majapahit. Gajah Mada mampu melakukan hal apa pun untuk membuat rencananya berjalan dengan lancar, walaupun harus menggunakan semacam kekerasan terhadap pihak-pihak lain. Menurut dokumen yang membahas rapat itu, pihak lain menentang Gajah Mada karena hal yang dia katakan, karena menurut mereka rencananya itu akan menjadi kesalahan besar. Pihak lain tidak setuju dengan sarannya Gajah Mada karena itu keputusan yang mendadak dan tidak akan berjalan dengan lancar.

Akhirnya Gajah Mada datang ke Gayatri untuk meminta bimbingan agar dia bisa meluaskan tanah kerajaan Majapahit. Gayatri pada awalnya tidak suka caranya Gajah Mada mengatakan pikirannya, karena gerakan yang salah. Gayatri menyarankan Gajah Mada untuk berbagi pikirannya dengan pelan dan tidak secara mendadak, karena itu membuat yang lain terkejut dan pada akhirnya tidak akan ada yang menyetujuinya. Gayatri membimbing Gajah Mada dengan membimbingnya dengan hal-hal yang harus dilakukannya untuk meluaskan Majapahit. Gayatri memastikan bahwa Gajah Mada akan meyakinkan pihak-pihak lain dengan pelan dan lembut agar mereka merasa aman dan pikiran terbuka mengenai rencananya Gajah Mada.

Gayatri mengusulkan Gajah Mada untuk mempersatukan negara-negara yang lebih dekat dulu agar mereka bisa mempertahankan kedaulatannya. Daerah-daerah itu termasuk Jawa, Madura, dan Bali. Menurut Gayatri daerah-daerah tersebut akan menyetujui karena mereka memiliki hukum dan kepercayaan yang mirip dengan Majapahit, maka dari itu mereka akan rukun bersama-sama. Lalu setelah menyatukan negara-negara terdekat mereka akan melibatkan wilayah yang memiliki kerajaan-kerajaan kecil di Jawa Tengah, Lombok, Sumatera Utara dan Selatan. Tahap terakhir adalah untuk menyatukan Majapahit dengan Maluku, Kalimantan, Sulawesi, Tumasek, dan Pahang. Daerah-daerah tersebut akan menjadi tantangan yang paling besar, karena mereka memiliki sedikit kesamaan dengan Majapahit. Gajah Mada akan membutuhkan taktik untuk meyakinkan pihak-pihak tersebut untuk bergabung dengan Majapahit. Namun, Gayatri sudah menyarankan Gajah Mada untuk meyakinkan semuanya dengan cara yang pelan dan lembut agar mereka merasa lebih nyaman untuk menyetujui rencananya.

Walaupun Gayatri sudah bukan termasuk dalam kerajaan, dia masih memainkan peran yang penting untuk membimbing lanjutan pemimpin-pemimpin Majapahit. Gayatri yang lebih berpengalaman dan bijak membantu Gajah Mada dan Tribhuwana dengan mengusulkan rencana untuk membawa kesejahteraan untuk Majapahit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s