Wanita Inspiratif: Gayatri Rajapatni episode 8 by Anastasia Pradinia

Artikel Kediri Bertutur

180px-HAYAM_WURUK

 

Dear diary,

Siang ini aku melanjutkan buku tentang Gayatri Rajapatni dan di bab ini saat perjalanannya berakhir. Saat ini Tribhuwana sudah berperan menjadi seorang ibu dan juga ratu yang bertanggung jawab untuk merawat kerajaan dan juga putranya. Putranya Tribhuwana, Hayam Wuruk, bertumbuh menjadi anak yang berani, pandai, dan tampan.

Gayatri dan Gajah Mada ingin memperluas kerajaan Majapahit, maka dari itu mereka merencanakan untuk membuat persekutuan Majapahit dengan kerajaan lain. Bali merupakan kerajaan yang tepat untuk digabungkan dengan Majapahit, karena tradisinya yang mirip dengan kehidupan sehari-hari yang dijalankan oleh orang Jawa. Terutama agamanya yang akhirnya dicampurkan dan membuahkan Hindu-Buddha. Kedua agama bisa dipadukan bersama dan mayoritas orang Bali sekarang percaya kepada agama tersebut.

Gayatri mengirim Gajah Mada untuk membujuk Bali untuk bergabung dengan Majapahit. Gajah Mada yang bersifat keras kepala dan agresif itu memang memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan orang Bali, namun dia bisa mengertinya lebih baik daripada orang lain. Pertamanya Gayatri memang ragu untuk mengirim Gajah Mada, tetapi ternyata Gayatri menemukan bahwa dia sudah mengenali ciri khas orang-orang Bali.

Gayatri mengamati bahwa sebagian besar masyarakat kerajaan Majapahit mulai mengadopsi agama asing, yaitu Islam. Gayatri tidak memiliki masalah apa pun mengenai pilihan agama warga Majapahit, tetapi dia mulai khawatir jika kebudayaan Majapahit mulai pudar karena agama yang telah diseleksi masyarakat. Semakin banyak orang yang memilih untuk mempercayai agama Islam, karena mereka tertarik dengan konsepnya. Namun, Gayatri sudah memprediksi bahwa perubahan agama tersebut mempengaruhi tradisinya masyarakat Majapahit. Tradisi Majapahit itu yang membuat kerajaannya ciri khas, maka dari itu Gayatri tidak ingin kebudayaannya terhapuskan hanya karena masyarakat mengadopsi adat yang asing. Kebudayaan itu baginya sangat penting untuk dilestarikan, karena tradisi itu beda-beda dan dia menghargainya. Gayatri memiliki rasa cinta terhadap kesenian dan adat, maka dari itu dia ingin mempertahankan kebudayaan Majapahit. Dia menjadi yang memastikan bahwa masyarakat Majapahit tetap melaksanakan tradisi kerajaan. Gayatri memperlakukan budaya Majapahit dengan baik, karena dia menemukan suatu bentuk identitas dalam kebudayaan dan asalnya seseorang. Kebudayaan Majapahit sudah menjadi bagiannya Gayatri dan dia sangat menghargai bagian itu dari dirinya, maka dari itu dia memiliki keinginan besar untuk mempertahankan tradisi-tradisi tersebut. Tradisi itu hal yang sudah dilakukan sejak dulu, karena diambil dari adatnya nenek moyang kita. Gayatri merasa bahwa semua itu telah dibangun susah payah oleh keluarganya, maka dari itu harus dijaga dengan baik. Kebudayaannya kerajaan Majapahit itu satu-satunya hal yang bisa dia simpan dari orangtuanya yang sudah meninggal dan dia berpegang pada itu untuk mengenangkan orangtuanya.

Tribhuwana merencanakan untuk mengundurkan diri pada saat Hayam Wuruk sudah mencapai enam belas tahun, supaya Majapahit dapat pemimpin lelaki seperti sebelumnya. Hayam Wuruk akan menjadi raja yang sempurna untuk kerajaan Majapahit, karena dia sudah diajarkan kedua peran wanita yang kuat dalam keluarganya, yaitu Tribhuwana dan Gayatri. Tribhuwana akan membimbing Hayam Wuruk untuk menjadi Raja yang bijak, namun Gayatri tidak akan bisa berada di sisinya selamanya karena umurnya yang sudah tua. Gayatri sudah menanti waktunya dia untuk meninggalkan kerajaan Majapahit kepada cucunya, Hayam Wuruk. Walaupun waktunya Gayatri sudah mendekat, dia memastikan bahwa dia sudah seleksi orang-orang yang tepat untuk merawat dan meneruskan kerajaan Majapahit. Gayatri pada awalnya menyuruh Gajah Mada untuk mengundurkan diri, tetapi Gajah Mada tidak mau berhenti bekerja sebagai peran yang besar dalam kerajaan. Gajah Mada memiliki keinginan kuat untuk tetap menjadi anggoa yang penting dalam kerajaan Majapahit, karena dia menyukai hal yang dia lakukan. Memang sejak awal Gayatri melihat potensi dari Gajah Mada dan di akhir-akhir prediksi Gayatri terbukti benar. Gajah Mada telah membantu Gayatri untuk meluruskan segala situasi agar kerajaan mencapai kondisinya yang ideal sekarang. Jika Gajah Mada tidak membantu Gayatri sebelumnya, Tribhuwana tidak akan bisa menjadi ratunya Majapahit.

Pandangan Gayatri itu selalu benar dan fakta bahwa dia pandai memprediksi hal-hal yang akan terjadi itu cukup menakjubkan. Sebagai peran penting dalam kerajaan dia sudah membuktikan dirinya sebagai ratu yang pintar, bijak, dan ideal. Entah bagaimana caranya tetapi Gayatri selalu memastikan bahwa dirinya bisa melihat lebih ke depan daripada yang lain. Dia selalu mengetahui hal-hal yang akan terjadi dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi segala pun yang datang ke arahnya. Segala tantangan dia coba untuk selesaikan dan dia mampu melakukan berbagai hal yang ekstrim untuk mencapai tujuannya. Pada saat-saat terakhir Gayatri masih hidup, dia memastikan bahwa dia sudah menyiapkan keluarganya dan kerajaannya untuk menghadapi segala rintangan. Gayatri mengutuskan Hayam Wuruk untuk meneruskan kerajaan.  Kerajaan biasanya dipimpin oleh seorang raja laki-laki maka dia menjadi orang yang tepat untuk peran itu. Gayatri sudah mewariskan segala ilmunya dan teori yang telah ia pelajari kepada Tribhuwana, maka dari itu putrinya bisa berperan sebagai ibu yang bisa membimbing anaknya menjadi raja yang baik. Hayam Wuruk akan memiliki kedua orangtuanya dan Gajah Mada untuk membantunya memimpin kerajaan Majapahit. Gayatri akhirnya meninggal dengan damai pada 1350. Gayatri sudah mempercayakan Gajah Mada, Hayam Wuruk, dan Tribhuwana untuk meneruskan Majapahit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s