”Damar Wulan & Minak Djinggo,” Benar Ada Atau Fiksi Belaka.

Artikel Kediri Bertutur

Dari catatan silsilah Raja Majapahit tak mencatat nama “Damar Wulan” didalamnya. Apakah ini bisa diartikan bahwa sebenarnya sosok Damar Wulan hanya fiksi belaka?

Damar Wulan adalah seorang ksatria yang mampu mengalahkan penguasa Blambangan (Minak Djinggo) yang menyerang kerajaan Majapahit. Putri Suhita (Kencana Wungu) adalah alasan di balik kemurkaan Minak Djinggo (Penguasa Blambangan). “Minak Djinggo Nagih Janji.”

ade-soekirno-damarwulan-ils-jan-m-2

Minak Djinggo menuntut yang telah menjadi haknya atas jasa-jasanya yaitu menyelamatkan Kerajaan Majapahit dari serangan musuh. Dan sebagai imbalannya, Minak Djinggo akan dinikahkan dengan Putri Suhita (Kencana Wungu). Namun Putri Suhita (Kencana Wungu) menolak untuk dipersunting Minak Djinggo yang buruk rupa. “Minak Djinggo Menggugat.” Majapahit dianggap ingkar janji.

Puncaknya Minak Djinggo melakukan pemberontakan pada Majapahit. Dan muncullah sosok Damar Wulan, ksatria yang berwajah tampan, penyelamat kerajaan Majapahit dari murka Minak Djinggo. Damar Wulan mampu mengalahkan Minak Djinggo, dan atas jasanya itu Damar Wulan dinikahkan dengan Putri Suhita.

Cerita ini bertahan ratusan tahun hingga sekarang, “Minak Djinggo Nagih Janji, dan Majapahit Ingkar Janji.” Dan jika Damar Wulan dan Minak Djinggo adalah sosok yang sebenarnya tak pernah ada, kenapa ada dan untuk tujuan apa cerita ini dibuat?

ade-s-damarwulan-hal-dlm-1Ade s. - Damarwulan hal dlm 2.jpg

Sedangkan Majapahit merupakan Kerajaan pembaharu di tanah Jawa, dimana ideologi pengaruh Hindu (India) tidaklah mutlak sebagai “kebenaran absolut” yang berdiri sendiri, namun bersanding (selaras) dengan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung didalam Cerita Panji (asli Jawa) yang terpahat di candi-candi kerajaan Majapahit.

Lantas, apa peran dan fungsi cerita Damar Wulan vs Minak Djinggo dibuat, dan dikaitkan dengan kerajaan Majapahit yang telah mencapai puncak kebudayaan (peradaban)?

Apakah peran dan fungsi cerita Damar Wulan vs Minak Djinggo dibuat untuk tujuan mencitrakan Majapahit tentang kebenaran yang sebenarnya tak pernah ada – tipu muslihat? (Dwi Aris Setiawan – Kediri Bertutur)

source foto:
http://sastrobuku.blogspot.co.id/2012_11_01_archive.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s