Melihat makna gaya rambut pendek Panji Asmorobangun.

Artikel Kediri Bertutur

kkk

Perwujudan arca raja-raja Jawa dan dewa – dewa pada umumnya digambarkan berambut panjang terurai. Dan bila mengamati figur Panji Asmorobangun di relief-relief candi dan arca, figur Panji Asmorobangun digambarkan berambut pendek.

Didalam konteks raja-raja jawa di masa Hindu-Buddha, rambut juga diartikan sebagai mahkota (simbol kebangsawanan). Di masa (Hindu-Buddha), rambut menunjukan status sosial (kasta) seseorang, apakah berasal dari kalangan bangsawan atau rakyat biasa. Dan tentunya rakyat biasa tidak memiliki rambut panjang (simbol mahkota), hanya kaum bangsawan dan brahmana yang berambut panjang.

Penggambaran gaya rambut figur Panji Asmorobangun yang berambut pendek, dan penggambaran raja-raja jawa (Hindu-Buddha), ataupun dewa-dewa yang selalu digambarkan berambut panjang, perbedaan ini menunjukan adanya/terjadinya pergeseran nilai.

Pastinya ada pesan nilai yang terkandung di dalam penggambaran figur Panji Asmorobangun yang bergaya rambut pendek, yang identik dengan rakyat biasa. Panji Asmorobangun adalah bangsawan kerajaan jawa (Hindu-Buddha) yang bermahkotakan simbol rakyat (berambut pendek).

“Figur Panji merupakan gambaran bangsawan (raja-raja) Kerajaan Majapahit yang membaur dan menyatu dengan rakyatnya. Bukan bangsawan (raja) yang hanya duduk di atas singgasana kerajaan dengan keagungannya, seperti kaisar Cina, Jepang yang sangat Eksklusif (Sakral). Jangankan untuk bertemu dan bertatap muka, memandang dan melihat seorang kaisar saja, rakyat biasa sudah dianggap bersalah.” (Dwi Aris Setiawan-Kediri Bertutur)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s